Selayang Pandang Sejarah Pembentukan IKARA

Proses wacana pembentukan ikatan alumni sudah dimulai sejak tahun 2000 an. Di beberapa wilayah seperti Jakarta dan Bandung sempat dibentuk organisasi ikatan alumni, sebagai wahana berkumpul dan berkreasi para alumni. Bahkan tahun 2005 kembali diadakan pertemuan di Puncak, Bogor yang dihadiri hampir semua perwakilan angkatan. Namun organisasi-organisasi wilayah ini tidak memiliki wadah yang resmi, serta terpisah satu sama lainnya.

Upaya penyatuan Ikatan Alumni akhirnya dimulai pada awal tahun 2008, dimana para alumni berkumpul di perusahaan salah satu alumni yaitu Kang Giri Fajar Wibawa (angkatan 95) PT Arya Jaya bertempat didaerah Turangga Bandung. Pertemuan-pertemuan berikutnya diadakan di kampus Polban yang difasilitasi oleh oleh jurusan RAC sehingga dipilihlah panitia yang akan mengemban amanat pembentukan resmi ikatan alumni. Disepakati pembentukan  legal organisasi Ikatan Alumni Refrigerasi dan Tata Udara Politeknik Negeri Bandung. Ditetapkan juga visi dan misi organisasi, AD/ART, desain struktur organisasi, logo dan nama IKARA (Ikatan Alumni Refrigerasi dan Tata Udara) sebagai nama resmi ikatan alumni.

Terbentuknya IKARA

Akhirnya atas dukungan mahasiswa angkatan 2005, 2006 dan 2007, juga dukugan penuh para dosen RAC, bertempat di Kampus Politeknik Negeri Bandung, Alhamdulillah di louchinglah IKARA dengan arti Ikatan Alumni Teknik Refrigerasi dan Tata Udara Politeknik Negeri Bandung (Poltek ITB) tanggal 3 Mei 2008 sekaligus pemilihan ketua pertamanya. Acara ini juga dibungkus dengan rangkaian seremoni berupa seminar nasional, exhibition dan peresmian teknologi pendingin dengan CO2 yang pertamakali di Indonesia. Dan saudara Rifail Fajri angkatan 1990 terpilih sebagai ketua IKARA yang pertama.

Selanjutnya, pada tahun 2009 upaya membangun ikatan alumni kembali dikembangkan oleh para alumni baru. Mengambil media maya di grup Facebook dengan alamat https://www.facebook.com/groups/48512590063, sebuah interaksi alumni diberi nama IKARA – POLBAN terbentuk. Dan baru pada tahun 2017 interaksi ini berhasil membuahkan Website http://ikara.or.id yang berisi aktivitas para alumni. Milis refrigerasi[@]yahoogroups.com sampai saat ini tetap ada, namun member aktifnya tidak sebanyak dulu lagi.

Dari terbentuknya IKARA ini diharapkan semakin menambah khazanah forum ataupun asosiasi organisasi yang berkaitan dengan dunia Refrigerasi dan Tata Udara (Refrigeration and Air Conditioning)