Politeknik Negeri Bandung

Pada tahun 2002, Program Studi Teknik Pendingin dan Tata Udara yang bernaung di bawah Jurusan Teknik Mesin sejak tahun 1987, ditingkatkan statusnya menjadi Jurusan Teknik Refrigerasi dan Tata Udara yang dikukuhkan oleh SK Dirjen Dikti Nomor 162/D/O/2004 tertanggal 29 September 2004.

VISI

Jurusan Teknik Refrigerasi dan Tata Udara mempunyai visi menjadi jurusan yang unggul dan diakui di tingkat regional di bidang Teknik Refrigerasi dan Tata Udara.

MISI

Menyelenggarakan pendidikan profesional, melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta mengembangkan ilmu dan teknologi terapan di bidang Teknik Refrigerasi dan Tata Udara yang berwawasan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan industri nasional dan regional guna menyongsong tantangan global serta mendukung peningkatan mutu kehidupan.

Jurusan ini menyelenggarakan pendidikan Diploma 3 untuk Program Studi Teknik Pendingin dan Tata Udara

Teknik Pendingin/Refrigerasi dan Tata Udara adalah dua disiplin ilmu yang saling terkait serta berhubungan dengan sejumlah disiplin ilmu yang lainnya, seperti Teknik Mesin, Teknik Listrik, Teknik Sipil & Arsitektur, Teknologi Makanan & Kesehatan, Teknik Fisika, Teknik Kimia.

Sistem Refrigerasi tidak hanya digunakan di rumah tangga seperti kulkas, namun juga pada kegiatan komersial seperti di pasar swalayan, restoran, gudang, hotel, untuk pengawetan/pendinginan makanan, pendinginan minuman dll. Disamping itu juga untuk kegiatan transportasi darat-laut dan udara, serta digunakan di industri-industri, misalnya:

  • Industri Kimia
  • Industri Susu
  • Pabrik Es
  • Industri Gas
  • Industri Agro (Pertanian, Perkebunan, Peternakan)
  • Industri Perikanan/Kelautan dan lain-lain

Sedangkan Sistem Tata Udara tidak hanya mencakup bidang kenyamanan saja, baik di rumah tangga seperti AC split dan AC window, tapi juga digunakan di apartemen, perkantoran, perbankan, rumah makan/cafe, perhotelan, gedung pertemuan, konvensi, mall, airport, rumah-rumah sakit untuk ruang operasi, dll. Disamping itu, sistem ini digunakan di industri-industri, misalnya untuk Proses Kimia Steril, Clean Room, Produksi Microchip, Gudang Penyimpanan, serta untuk Transportasi Darat-Laut dan Udara.

Karena sedemikian luasnya kebutuhan akan sistem Refrigerasi dan Tata Udara, untuk itu perlu dididik calon tenaga-tenaga ahli yang Terampil, Profesional, Kompeten dan Menguasai Bidang Teknik Refrigerasi dan Tata Udara.

Leave a Reply

Leave a Reply